Sabtu, 12 Maret 2016

Tips Melamar Pekerjaan Menggunakan Email


Di zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini,  lamaran kerja bisa dikirimkan secara online melalui email tidak harus menggunakan jasa Pos ataupun langsung datang ke alamat perusahaan.

Dengan cara ini, proses melamar pekerjaan dapat memakan waktu yang lebih cepat dan efisien karena ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan yang mewajibkan para pelamar mengirimkan CV lengkap beserta lamaran hanya menggunakan Email,

Untuk dapat mengirimkan lamaran kerja dengan efektif melalui email, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan,

Nama Alamat Email

Kamu harus memperhatikan bahwa nama alamat email yang kamu miliki mudah dan singkat sehingga mudah diingat seperti menggunakan nama kamu sendiri dalam membuat alamat email. Jangan menggunakan nama yang aneh-aneh atau bahasa gaulnya "alay" sebab bisa membuatmu tampak tidak meyakinkan di mata perusahaan.

Provider Email

Gunakan provider email yang umum digunakan oleh banyak orang. Penggunaan provider email yang jelas akan lebih dikenal dan tampak bonafit di mata perusahaan. Contoh Gmail (Google) dan Yahoo mail, apa lagi kita lihat sekarang ini hampir semua masyarakat menggunakan berbagai macam merk Smartphone seperti android yang sudah pasti anda diwajibkan memiliki/membuat akun Gmail, nah manfaatkan akun ini untuk dijadikan akun email pribadi untuk kamu melamar pekerjaan,

Format File Lamaran

Pastikan bahwa file yang kamu kirimkan memiliki format .doc atau.rtf. Kamu juga harus meneliti kembali bahwa isi dari file yang kamu kirimkan sudah lengkap, mencakup data diri, curriculum vitae, dan foto. Berikan nama file-file tersebut menggunakan namamu. Pastinya semua file tersebut harus kamu scan dengan printer scan dan jangan lupa gunakan format doc atau rtf.

File Tambahan

Jika kamu memiliki postofolio atau sertifikat yang mendukung, kamu bisa turut sertakan ke dalam lamaran kerjamu tersebut. Namun, kamu harus memastikan file tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar agar mudah dibuka. Dan kamu harus meresizenya agar ukuran file mengecil tersebut,

File Besar Dan Banyak

Tidak menutup kemungkinan jika kamu harus mengirimkan file yang cukup banyak dalam lamaran kerjamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan format .zip untuk menyatukan file-file tersebut. Jangan lupa beri nama yang jelas supaya data-datamu mudah dikenali.Untuk file yang berukuran besar kamu dapat meresize file tersebut,

Sertakan Surat Pengantar

Setelah berkasmu lengkap, berilah surat pengantar berisi uraian singkat tentang alasanmu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Dalam menguraikan hal tersebut, berikanlah alasan sewajarnya, jangan terlalu berlebihan.

Jika semua telah siap kirimkanlah CV beserta lamaran kamu ke email perusahaan yang ingin kamu lamar.

Berikut Contoh Gambar Lamaran Kerja Via Email :



Jadi mulai sekarang pastikan kamu memiliki email pribadi, agar memudahkan kamu untuk melamar pekerjaan karena jika nanti kamu sudah bekerja bukan tidak mungkin segala laporan pekerjaan kamu harus menggunakan email pribadi tersebut,

Dan untuk semua berkas hasil scan yang telah kamu persiapan dapat kamu simpan di flashdisk untuk dapat digunakan kapanpun dalam hal melamar pekerjaan via email,

Semoga bermanfaat ya, selalu semangat ^.^