Bisa dimaklumi bila terkadang Anda  merasa suntuk dan bosan dengan pekerjaan Anda. Ini hal yang cukup umum,  apalagi bila Anda telah bekerja cukup lama dalam suatu perusahaan dan  terkadang merasa tidak suka dengan pekerjaan Anda. Tidak ada salahnya  bila sesekali Anda merasa ingin berhenti kerja, tetapi ketika perasaan  itu mulai mengganggu Anda dan rasa tidak suka bertambah dalam, mungkin  inilah waktunya untuk berhenti kerja dari tempat tersebut.
Pertanyaannya adalah, kapan Anda tahu bahwa ini sudah waktunya untuk berhenti kerja?
- Anda Merasa Tidak Fokus Setiap Hari
Memang ada waktunya di mana Anda merasa  jenuh dan tidak fokus dengan pekerjaan. Tetapi, bila hal ini terjadi  setiap hari dalam seminggu, mungkin itu bisa menjadi pertanda. Apalagi  bila Anda merasa mudah terganggu dengan hal-hal kecil, susah  berkonsentrasi, dan Anda tahu perilaku Anda merugikan perusahaan.  Mungkin ini pertanda Anda harus berhenti kerja. Bila Anda benar-benar  menyukai pekerjaan Anda, Anda akan merasa bersalah telah bekerja dengan  setengah hati dan tidak maksimal.
- Anda Benci Hari Senin
Memang, perasaan ini normal untuk semua  orang, tetapi bila Anda merasa akhir pekan Anda berlalu begitu cepat  karena Anda mengkhawatirkan datangnya hari Senin, mungkin ini waktunya  Anda mempertimbangkan untuk berhenti kerja. Akhir pekan seharusnya  digunakan untuk bersantai, bukannya malah kelewat stres dan tidak mood memikirkan datangnya hari Senin.
- Nilai dan Visi Anda Tidak Lagi Sejalan dengan Perusahaan
Ketika nilai dan visi Anda sudah tak  lagi sejalan dengan perusahaan, apapun yang mereka katakan dan lakukan  akan Anda anggap omong kosong belaka. Anda akan lebih sukar bertindak  dan bekerja secara profesional. Hal ini akan berdampak sangat negatif  terhadap kinerja dan nama baik Anda.
- Anda Sama Sekali Tidak Memikirkan Urusan Kantor
Tentunya bukan berarti Anda harus  selalu memikirkan tentang pekerjaan atau urusan kantor sepanjang waktu.  Tetapi ketika Anda tidak memikirkannya sama sekali, itu bisa menjadi  pertanda. Kehidupan kantor adalah bagian tambahan di kehidupan pribadi  Anda. Karyawan yang menyukai pekerjaannya akan memikirkan bagaimana  mereka bisa meningkatkan produktivitas dan kinerjanya di kantor. Mereka  akan memikirkan apa yang mereka bisa lakukan dengan lebih baik lagi di  kantor. Ketika Anda memikirkan pekerjaan Anda hanya sekedar pekerjaan  dan sumber keuangan, mungkin Anda harus berpikir ulang tentang berhenti kerja.
- Anda Membeberkan Hal-hal Negatif di Kantor kepada Teman-teman Anda
Pastinya Anda pernah bertemu dengan  teman kantor yang selalu mengeluh tentang pekerjaan mereka. Mungkin  awalnya Anda berusaha menghindari mereka agar tidak berpikir negatif  tentang tempat kerja Anda. Tetapi, ketika Anda mulai sering ikut  mengeluhkan pekerjaan bersama mereka, bahkan mengeluh kepada teman-teman  di luar kantor dan keluarga Anda, mungkin ini waktunya Anda berhenti kerja.
Keputusan untuk berhenti kerja dan mengejar sesuatu yang benar-benar Anda sukai adalah keputusan yang  sulit. Tentunya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan selain  alasan-alasan yang dijelaskan diatas. Percayalah pada insting Anda dan  pertimbangkan dulu secara matang. Sikap dan mental Anda adalah dua  faktor terpenting yang akan berdampak kepada performa pekerjaan Anda.  Anda bisa mencoba untuk mengubah persepsi Anda terhadap pekerjaan dan  lihat apakah itu berhasil.
Apakah Anda pernah merasa tidak betah dengan pekerjaan Anda?





