Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang ingin melakukan kesalahan. Kesalahan memang tidak diinginkan dan kadang kita tidak dapat menghindarinya. Saat kesalahan terlanjur terjadi, yang bisa kita lakukan hanyalah mencoba mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut. Ketika kesalahan yang cukup fatal terjadi di kantor, wajar sebagai karyawan kamu akan merasa panik dan khawatir berlebih. Tapi ingat, kamu tidak boleh langsung bertindak gegabah untuk menutupi kesalahanmu tersebut lho. Tetap berfikir tenang dan pikirkan baik-baik langkah terbaik yang harus kamu tempuh.
Melalui artikel berikut, kami berikan lima tipe kesalahan yang mungkin terjadi di kantor dan bagaimana cara mengatasinya.
Kesalahan yang Mungkin Akan Terjadi Di Kantor
Ketahuan Wawancara di Tempat Lain
Memang ada beberapa manajer yang mempunyai sikap santai saat mengetahui anak buahnya wawancara di perusahaan lain. Namun, bagaimana bila kamu mendapatkan boss yang memasalahkan saat anak buahnya ada kesempatan wawancara di tempat lain? Ya memang kamu bisa menyembunyikan perihal wawancara ini dengan boss-mu. Tapi masalah terjadi saat kamu sudah berusaha menyembunyikan dengan rapi, dan mungkin karena lingkup kerja yang sempit, membuat boss-mu mudah mengetahui jika kamu melakukan wawancara di tempat lain.
Ketika hal tersebut terjadi, situasi pasti akan menjadi sangat canggung. Solusi yang sebaiknya kamu lakukan adalah dengan mengatakan yang sejujurnya agar lebih melegakan. Kamu bisa mengatakan;
‘Maaf, Anda (manajer kamu) mengetahuinya sebelum saya berdiskusi dengan Anda. Namun, saya ingin melihat pilihan yang ada sebelum saya membicarakan masa depan saya di perusahaan ini.’ Saran dari penulis buku Work Happy: What Great Bosses Will Know karangan Jill Geisler.
Salah Kostum Saat Harus Menghadiri Rapat Penting
Salah kostum mungkin bukan kesalahan yang sangat fatal. Namun, bagi pekerja perfeksionis atau sangat memperhatikan penampilan diri , salah kostum dapat menjadi bencana tersendir. Bila hal tersebut terjadi, samarkan kesalahan salah kostummu dengan sedikit menambah humor saat kamu berbicara. Buat dirimu mengenakan pakaian tersebut menjadi senyaman mungkin, dengan begitu kamu akan menjadi lebih percaya diri. Pastikan di rapat berikutnya kamu mengenakan pakaian terbaikmu yang cocok untuk menghadiri rapat.
Izin Sakit Palsu
Liburan memang merupakan barang mewah bagi para pekerja. Bukan masalah tidak ada dana, namun kesulitan untuk mendapatkan waktu untuk berliburnya yang menjadikan liburan sulit dilakukan para karyawan. Maka tak heran, tak sedikit para karyawan yang berpura-pura izin sakit untuk pergi berlibur. Ketika izin sakit palsumu diketahui oleh manajermu, pastikan untuk menyampaikan bahwa kamu sangat bersalah dan tawarkan untuk lembur di akhir pekan untuk mengganti waktu saat kamu izin.
Telat Dari Deadline
Menyelesaikan tugas lewat dari tenggat waktu yang ditetapkan akan membuat kepercayaan bos terhadapmu hilang. Pekerjaan rekan-rekan lain pun akan menjadi terhambat yang akan membuatmu menjadi semakin bersalah. Maka, sebaiknya informasikan kepada rekan kerjamu bahwa pekerjaan yang sedang kamu kerjakan akan sedikit terlambat dari deadline. Jangan lupa konsultasikan kepada atasanmu mengenai apa yang menjadi kendalamu untuk menyelesaikan tugas tersebut.
Ketinggalan Rapat
Baru datang pada saat rapat tengah berlangsung bukan merupakan hal yang sepele. Terlebih lagi bila dalam rapat tersebut kamu mempunyai peranan penting dalam project yang tengah dibicarakan. Meminta maaf kepada para peserta rapat merupakan satu-satunya solusi yang bisa kamu tempuh. Jangan lupa untuk meminta maaf secara tulus ya.
Kesalahan diatas memang bisa terjadi kepada siapa saja di kantor. Mungkin bisa dialami oleh temanmu atau bahkan kamu. Selalu berikan alasan terbaik bila kamu kedapatan melakukan kesalahan tersebut. Alasan yang berdasarkan kenyataan adalah jawaban yang terbaik dikarenakan kejujuran merupakan hal penting. Jangan lupa juga untuk memikirkan after effect setelah kamu kedapatan melakukan kesalahan ya. Tetap semangat!