Tidak ada satu pun orang di dunia ini  yang ingin melakukan kesalahan. Kesalahan memang tidak diinginkan dan  kadang kita tidak dapat menghindarinya. Saat kesalahan terlanjur  terjadi, yang bisa  kita lakukan hanyalah mencoba mengambil pelajaran  dari kesalahan tersebut. Ketika kesalahan yang cukup fatal terjadi di  kantor, wajar sebagai karyawan kamu akan merasa panik dan khawatir  berlebih. Tapi ingat, kamu tidak boleh langsung bertindak gegabah untuk  menutupi kesalahanmu tersebut lho. Tetap berfikir tenang dan pikirkan  baik-baik langkah terbaik yang harus kamu tempuh.
Melalui artikel berikut, kami berikan lima tipe kesalahan yang mungkin terjadi di kantor dan bagaimana cara mengatasinya.
Kesalahan yang Mungkin Akan Terjadi Di Kantor
Ketahuan Wawancara di Tempat Lain
Memang ada beberapa manajer yang  mempunyai sikap santai saat mengetahui anak buahnya wawancara di  perusahaan lain. Namun, bagaimana bila kamu mendapatkan boss yang  memasalahkan saat anak buahnya ada kesempatan wawancara di tempat lain?  Ya memang kamu bisa menyembunyikan perihal wawancara ini dengan boss-mu.  Tapi masalah terjadi saat kamu sudah berusaha menyembunyikan dengan  rapi, dan mungkin karena lingkup kerja yang sempit, membuat boss-mu  mudah mengetahui jika kamu melakukan wawancara di tempat lain.
Ketika hal tersebut terjadi, situasi  pasti akan menjadi sangat canggung. Solusi yang sebaiknya kamu lakukan  adalah dengan mengatakan yang sejujurnya agar lebih melegakan. Kamu bisa  mengatakan;
‘Maaf, Anda (manajer kamu) mengetahuinya  sebelum saya berdiskusi dengan Anda. Namun, saya ingin melihat pilihan  yang ada sebelum saya membicarakan masa depan saya di perusahaan ini.’  Saran dari penulis buku Work Happy: What Great Bosses Will Know karangan Jill Geisler.
Salah Kostum Saat Harus Menghadiri Rapat Penting
Salah kostum mungkin bukan kesalahan yang  sangat fatal. Namun, bagi pekerja perfeksionis atau sangat  memperhatikan penampilan diri , salah kostum dapat menjadi bencana  tersendir. Bila hal tersebut terjadi, samarkan kesalahan salah kostummu  dengan sedikit menambah humor saat kamu berbicara. Buat dirimu  mengenakan pakaian tersebut menjadi senyaman mungkin, dengan begitu kamu  akan menjadi lebih percaya diri. Pastikan di rapat berikutnya kamu  mengenakan pakaian terbaikmu yang cocok untuk menghadiri rapat.
Izin Sakit Palsu
Liburan memang merupakan barang mewah  bagi para pekerja. Bukan masalah tidak ada dana, namun kesulitan untuk  mendapatkan waktu untuk berliburnya yang menjadikan liburan sulit  dilakukan para karyawan. Maka tak heran, tak sedikit para karyawan yang  berpura-pura izin sakit untuk pergi berlibur. Ketika izin sakit palsumu  diketahui oleh manajermu, pastikan untuk menyampaikan bahwa kamu sangat  bersalah dan tawarkan untuk lembur di akhir pekan untuk mengganti waktu  saat kamu izin.
Telat Dari Deadline
Menyelesaikan tugas lewat dari tenggat  waktu yang ditetapkan akan membuat kepercayaan bos terhadapmu hilang.  Pekerjaan rekan-rekan lain pun akan menjadi terhambat yang akan  membuatmu menjadi semakin bersalah. Maka, sebaiknya informasikan kepada  rekan kerjamu bahwa pekerjaan yang sedang kamu kerjakan akan sedikit  terlambat dari deadline. Jangan lupa konsultasikan kepada atasanmu mengenai apa yang menjadi kendalamu untuk menyelesaikan tugas tersebut.
Ketinggalan Rapat
Baru datang pada saat rapat tengah  berlangsung bukan merupakan hal yang sepele. Terlebih lagi bila dalam  rapat tersebut kamu mempunyai peranan penting dalam project yang  tengah dibicarakan. Meminta maaf kepada para peserta rapat merupakan  satu-satunya solusi yang bisa kamu tempuh. Jangan lupa untuk meminta  maaf secara tulus ya.
Kesalahan diatas memang bisa terjadi  kepada siapa saja di kantor. Mungkin bisa dialami oleh temanmu atau  bahkan kamu. Selalu berikan alasan terbaik bila kamu kedapatan melakukan  kesalahan tersebut. Alasan yang berdasarkan kenyataan adalah jawaban  yang terbaik dikarenakan kejujuran merupakan hal penting. Jangan lupa  juga untuk memikirkan after effect setelah kamu kedapatan melakukan kesalahan ya. Tetap semangat!






